Makam Wali China



Makam Wali China

 
 
Makam Wali China Makam para pengawal pribadi Nyi Ong Tien Nio dari Istri Sunan Gunung Jati yang setelah menikah berubah nama menjadi Nyai Mas Rara Sumanding. Wali China sendiri adalah para pengawal pribadi Nyi Ong Tien Nio yang berasal dari China yang tidak ingin kembali ke Negeri asalnya (China) dan tetap bersikukuh ingin mengawal Nyi Ong Tien Nio atau Nyai Mas Rara Sumanding.
Kemudian pengawal pribadi Nyi Ong Tien Nio masuk ke dalam Agama Islam dan ikut serta membantu mensyiarkan Agama Islam sehingga mendapat nama kehormatan yaitu "Wali China".
Sedangkan sebagian besar dari para pengawal pribadi Nyi Ong Tien Nio atau Nyai Mas Rara Sumanding yang lain memutuskan kembali ke Negeri China, sehingga pada akhir hayatnya (meninggal) para Wali China atau para pengawal yang masih tinggal ini juga mendapatkan bentuk penghargaan dengan dikuburkan atau dimakamkan persis diluar dinding dari komplek Makam Sunan Gunung Jati yang berada di tingkat 9 dan total makam (kuburan) dari Wali China sendiri berjumlah 18 Makam.

Jangan Lupa Like, Share, dan Follow Instagram kita @Budaya_Cirebon atau klik link dibawah..
https://www.instagram.com/budaya_cirebon/
Salam Budaya !!!

Komentar

Postingan Populer