Masjid Keramat Megu



Mesjid Megu Gede dulunya berasal dari Mesjid Kecomberan. Ketika itu terjadi perang tanding antara Ki Gede Megu melawan Ki Gede Kecomberan, yang akhirnya dimenangkan oleh Ki Gede Megu. Dengan kemenanganya maka Mesjid Kecomberan tersebut dipindahkan ke Desa Megu Gede.
Didalam Situs Makam Ki Gede Megu ini juga terdapat 2 makam lainnya yaitu makam dari Nyi Gede Megu dan Pangeran Arya Atas Angin Ki berasal dari kalimat Kiageng atau Kyai Gedean, Ki Gede Megu adalah pendiri pedukuhan (Desa) Megu.
Diareal Situs Masjid Keramat Megu terdapat pula "Bale Mangu" bale yang terbuat dari kayu jati dan beratapkan dari daun kelapa (welit) yang diperuntukan oleh Ki Gede Megu dan pembesar-pembesar cirebon sebagai tempat musyawarah, dan tempat Syiar Islam yang saat ini sudah mengalami rehab (perbaikan) didirikan berbarengan dengan pendirian Masjid Keramat Megu ± Abad 15/16 M.

Lokasi Mesjid tersebut berada di Desa Megu Gede Kecamatan Weru. Luas Tanah ± 10.000m2, Bangunan ± 1200 m2, dan kepemilikan tanah adalah tanah keraton.

Komentar

Postingan Populer