Situs Pasarean Nyi Mas Gandasari





 Situs Pasarean Nyi Mas Gandasari 

Terdapat 2 versi cerita.. 
Versi pertama menyebutkan sebagai tempat singgah (petilasan / pasarean) dari Nyai Mas Gandasari pada tahun 1528 Masehi saat ditugaskan Sunan Gunung Jati untuk memimpin pasukan Telik Sandi berperang melawan pasukan Rajagaluh yang dipimpim oleh Prabu Cakraningrat dan Adipati Arya Kiban yang dikenal dengan Palagan Gunung Gundul 

Versi kedua menyebutkan bahwa disini adalah tempat pelarian Nyi Mas Gandasari pada saat sayembara (Tanding Jurit) unjuk kesaktian bagi yang mampu menandingi kesaktiannya akan dijadikan suami dan selanjutnya Syekh Magelung Sakti atau Raden Sayid Syam yang mampu mengungguli kesaktian dari Nyai Mas Gandasari. Perang tanding dengan Syekh Magelung Sakti ini sampai pula di Telar Suwita yang kini disebut Karang Mas (Pecung).

Pada saat Nyai Mas Gandasari berlari untuk bersembunyi dibalik jubah Ki Mujud yang didampingi oleh Nyai Mujud dan Raden Kacung yang sedang memegang obor, karena kibasan larinya Nyi Mas Gandasari mengakibatkan matinya obor yang dibawa oleh Raden Kacung, lalu Ki Mujud pun berkata (Pet Cung) asal kata dari "Pet = Mati" dan "Cung = Memanggil Raden Kacung", maka sejak saat itu dinamakanlah karang mas sebagai pedukuhan PECUNG dimana tertulis pada batu marmer Situs Nyi mas Ratu Gandasari 1528 Masehi. 



Balong Purba Kencana Sari Balong yang dahulu digunakan sebagai tempat membersihkan diri oleh Nyi Mas Gandasari




Pancuran Mas Tempat yang dahulu dipergunakan untuk wudhu oleh Nyi Mas Gandasari yang sampai sekarang tidak pernah mengering meski disaat musim kemarau.. lokasi Situs Pancuran Mas terletak tidak jauh dari Situs Pasarean Nyi Mas Gandasari disebelah sungai dan masih dipergunakan masyarakat hingga saat ini.

Situs ini terletak di Blok Pecung Kulon, Desa Kasugengan Kidul, Kecamatan Depok, dengan luas tanah ±5000m², kepemilikan tanah adalah tanah milik Desa Kasugengan Kidul.

Jangan Lupa Like, Share, dan Follow Instagram kita @Budaya_Cirebon atau klik link dibawah..
https://www.instagram.com/budaya_cirebon/
Salam Budaya !!!

Komentar

Postingan Populer